25 November 2011

Bandit


Hari ini adalah hari guru. Setidaknya itulah yang ramai diperbicangkan di media sosial dan media massa. banyak kata untuk menuliskan hal itu. Tapi semua-mua telah dikupas habis di media-media, seolah tak ada celah bagi saya untuk menulis hal lain tentang itu.

Sesaat kemudian, saya teringat tulisan seorang sastrawan Indonesia yang pernah dinominasikan penghargaan Nobel dalam bidang sastra, Pramoedya Ananta Toer. Kalimat-kalimat itu muncul dalam novelnya, Jejak Langkah, novel ketiga dari Tetralogi Pulau Buru yang melegenda itu.


Saya buka-buka lagi Novel itu. Beginilah tulisannya:
“Jangan Tuan terlalu percaya pada pendidikan sekolah. Seorang guru yang baik masih bisa melahirkan bandit-bandit yang sejahat-jahatnya, yang sama sekali tidak mengenal prinsip. Apalagi kalau guru itu sudah bandit pula pada dasarnya“
Hanya itu yang ingin saya tulis. Karena segala puja-puji di pelbagai media untuk guru tak pernah digubris pemerintah. Gaji guru honorer masih tak rasional rendahnya. Kadang, mereka tak butuh puja-puji. Karena puja-puji saja hanya membuat perut mereka tetap tercekik.
Begitulah!

Bumi Siliwangi, 25 November 2011

1 comment:

Dien said...

Kadang suka lebay juga orang-orang tentang hari guru. Tapi itu hanya sehari loh. setelah itu baybay ajah